Panduan Praktis Merangkai Bunga untuk Pemula

Panduan Praktis Merangkai Bunga untuk Pemula

1.     Deskripsi Buku
Judul Buku           : Panduan Praktis Merangkai Bunga untuk Pemula
Penulis                 : Yunita Ayukemala, AIFD
Penerbit               : Esensi, Divisi, dari Penerbit Erlangga
Kota Penerbit      : Jakarta
Tahun Terbit        : 2012
Jumlah Halaman : 72 halaman

2.     Sinopsis Buku
Buku ini berisi penjelasan tentang cara-cara atau langkah-langkah merangkai bunga, khususnya untuk pemula. di dalam buku ini dijelaskan mulai dari warna-warna apa yang cocok untuk dipakai, sifat warna, dimensi warna dan lain-lain. Karena warna itu bisa mempengaruhi suasana hati orang-orang di sekitarnya.
Selanjutnya, dijelaskan cara membuat bunga dan daun utamanya, beserta penjelasannya juga. Sesuai dalam buku ini, terdapat empat jenis bunga menurut fungsinya yaitu, bunga bentuk, bunga ukuran sedang, bunga pengisi, dan bunga pembentuk garis. Disini juga dijelaskan teknik memotong, menopang, dan membentuk tangkai bunga. Selain itu juga dijelaskan jenis daun menurut fungsinya yaitu, daun pembentuk garis tegak, daun pembentuk garis lengkung, dan daun penutup/pengisi bantalan.
Setelah itu baru dijelaskan cara membuat dan teknik-teknik nya. Pertama, alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuatnya. Setelah itu dijelaskan cara membuat rangkaian dasarnya. Bentuk rangkaian dasar sesuai buku ini ada 9 desain. Ada bentuk bulat, vertikal, oval, segitiga, T terbalik, bulan sabit, hogart, paralel, dan bentuk kipas. Tidak hanya dijelaskan bagaimana bentuk nya saja, tetapi dijelaskan juga cara membuatnya dan tips-tips nya. Yang terakhir, dijelaskan cara merangkai semua yang telah kita buat dari awal.

3.     Penilaian
Kelebihan
Kelebihan di buku ini semua bagian-bagiannya dijelaskan secara lengkap dan jelas. Dan buku ini juga disertai gambar-gambar yang mendukung tulisannya. Jadi, pembaca tidak hanya menerka-nerka saja, tetapi bisa melihat cara-cara nya melalui gambar yang disediakan. Bentuk buku ini juga menarik, gambar yang disajikan berwarna, jenis kertas yang dipakai itu jenis yang mengkilap jadi terlihat menarik. Dan setiap halaman itu tidak penuh dengan tulisan.
Kekurangan
Kekurangan dari buku ini adalah dari beberapa cara yang dijelaskan di buku ini, ada beberapa cara yang rumit jika untuk pemula. Dan masih ada langkah-langkah yang masih kurang dipahami jika untuk pemula.

4.     Kesimpulan
Kesimpulannya adalah buku ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mempelajari tentang cara merangkai bunga dengan praktis. Karena buku ini menjelaskan secara lengkap dan jelas. Buku ini cocok untuk semua kalangan. Tetapi jika anak-anak dibawah umur ingin membuatnya, wajib didampingi oleh orang tua. Karena alat-alat yang dipakai ada yang memakainya harus didampingi orang tua untuk anak dibawah umur, seperti gunting, pisau, dan tusuk bambu.


Ditulis oleh : Fadhilah Nurmahdiyah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEBIH LANJUT MENGENAI BUDAYA DAN ETNOMATEMATIKA

My Journey