LITERASI MATEMATIKA
Nama : Fadhilah Nurmahdiyah
NIM : 18301244032
Kelas : Pendidikan Matematika C 2018
Mata Kuliah : Etnomatematika
Refleksi Webinar Series 6 "Inovasi Pembelajaran Matematika"
Literasi Matematika
Pada
hari Sabtu, 11 September 2021 dilaksanakan Webinar Series #6 yang dilaksanakan
oleh jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY dengan tema “Inovasi Pembelajaran
Matematika”. Webinar ini dilaksanakan secara online melalui Zoom, dan
live di akun Youtube dan Instagram Pendidikan Matematika FMIPA
UNY. Pada webinar kali ini mengundang tiga narasumber yang ahli di bidangnya.
Narasumber yang pertama adalah ibu Dr. Sri Wulandari Danoebroto, M.Pd. beliau
adalah seorang praktisi/widyaiswara P4TK matematika. Ibu Sri menyampaikan topik
mengenai Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Literasi Matematika.
Narasumber kedua adalah ibu Dr. Isrok’atun, S.Pd.Si., M.Pd. beliau adalah
seorang Dosen di Universitas Pendidikan Indonesia. Ibu Isrok’atun menyampaikan
topik mengenai Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Sittuation-Based
Learning. Narasumber ketiga adalah bapak Prof. Dr. Marsigit, M.A. beliau
adalah seorang Dosen di Universitas Negeri Yogyakarta. Bapak Marsigit
menyampaikan topik mengenai Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Konteks Budaya.
Moderator pada webinar kali ini adalah bapak Heru Sukoco, S.Si., M.Pd. beliau
adalah dosen matematika FMIPA UNY.
Para narasumber dan materi yang disampaikan sangat
menarik. Salah satu yang menarik bagi saya adalah tentang literasi matematika.
Kita tahu bersama tingkat literasi masyarakat Indonesia cukup kurang. Contohnya
di tempat-tempat umum, beberapa orang lebih memilih bertanya daripada membaca
pengumuman yang ada, padahal pengumuman atau info tersebut sudah sangat jelas.
Atau contoh lain, banyak dari anak-anak sekarang sudah jarang yang menyukai
membaca buku, mereka lebih tertarik bermain game atau menonton video. Dalam
matematika, literasi menjadi salah satu hal dasar untuk menyelesaikan suatu
masalah matematika. Tujuan literasi matematika menurut Jablonka (2003) yaitu:
1) literasi matematika untuk pengembangan modal manusia (developing human
capital), 2) loetrasi matematika untuk identitas budaya (cultural
identity), 3) literasi matematika untuk perubahan sosial (social change),
4) literasi matematika untuk kesadaran lingkungan (environmental awareness),
dan 5) literasi matematika untuk evaluasi matematika (evaluating
mathematics).
Beberapa kompetensi yang dapat menunjang literasi matematika antara lain, 1) mathematical method, contohnya mengabstraksikan dan menyederhanakan, 2) mathematical content, contohnya ide tentang operasi bilangan dan unit, 3) mathematical attitude, contohnya mencoba menemukan masalah matematika dari suatu fenomena. Inovasi yang dapat dikembangkan melalui literasi matematika yaitu, 1) pengembangan modal manusia dalam hal pengetahuan, keterampilan dan nilai yang terwujud dalam berpikir dan berperilaku matematis, 2) mengembangkan kompetensi matematika sekaligus membangun kesadaran budaya, 3) menggunakan matematika sebagai alat kepedulian dan pemikiran kritis untuk perubahan sosial, 4) menggunakan matematika sebagai alat dan bahasa untuk membangun kesadaran akan lingkungan, dan 5) mengembangkan matematika sebagai ilmu pengetahuan.
https://drive.google.com/file/d/1wsSnGIVG0I68Kg8Vd4uWo3aXu2UST1zD/view?usp=sharing
Komentar
Posting Komentar