LITERASI MATEMATIKA

Nama             : Fadhilah Nurmahdiyah

NIM               : 18301244032

Kelas              : Pendidikan Matematika C 2018

Mata Kuliah   : Etnomatematika


Refleksi Webinar Series 6 "Inovasi Pembelajaran Matematika"

Literasi Matematika

Pada hari Sabtu, 11 September 2021 dilaksanakan Webinar Series #6 yang dilaksanakan oleh jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY dengan tema “Inovasi Pembelajaran Matematika”. Webinar ini dilaksanakan secara online melalui Zoom, dan live di akun Youtube dan Instagram Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Pada webinar kali ini mengundang tiga narasumber yang ahli di bidangnya. Narasumber yang pertama adalah ibu Dr. Sri Wulandari Danoebroto, M.Pd. beliau adalah seorang praktisi/widyaiswara P4TK matematika. Ibu Sri menyampaikan topik mengenai Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Literasi Matematika. Narasumber kedua adalah ibu Dr. Isrok’atun, S.Pd.Si., M.Pd. beliau adalah seorang Dosen di Universitas Pendidikan Indonesia. Ibu Isrok’atun menyampaikan topik mengenai Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Sittuation-Based Learning. Narasumber ketiga adalah bapak Prof. Dr. Marsigit, M.A. beliau adalah seorang Dosen di Universitas Negeri Yogyakarta. Bapak Marsigit menyampaikan topik mengenai Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Konteks Budaya. Moderator pada webinar kali ini adalah bapak Heru Sukoco, S.Si., M.Pd. beliau adalah dosen matematika FMIPA UNY.

Para narasumber dan materi yang disampaikan sangat menarik. Salah satu yang menarik bagi saya adalah tentang literasi matematika. Kita tahu bersama tingkat literasi masyarakat Indonesia cukup kurang. Contohnya di tempat-tempat umum, beberapa orang lebih memilih bertanya daripada membaca pengumuman yang ada, padahal pengumuman atau info tersebut sudah sangat jelas. Atau contoh lain, banyak dari anak-anak sekarang sudah jarang yang menyukai membaca buku, mereka lebih tertarik bermain game atau menonton video. Dalam matematika, literasi menjadi salah satu hal dasar untuk menyelesaikan suatu masalah matematika. Tujuan literasi matematika menurut Jablonka (2003) yaitu: 1) literasi matematika untuk pengembangan modal manusia (developing human capital), 2) loetrasi matematika untuk identitas budaya (cultural identity), 3) literasi matematika untuk perubahan sosial (social change), 4) literasi matematika untuk kesadaran lingkungan (environmental awareness), dan 5) literasi matematika untuk evaluasi matematika (evaluating mathematics).

        Beberapa kompetensi yang dapat menunjang literasi matematika antara lain, 1) mathematical method, contohnya mengabstraksikan dan menyederhanakan, 2) mathematical content, contohnya ide tentang operasi bilangan dan unit, 3) mathematical attitude, contohnya mencoba menemukan masalah matematika dari suatu fenomena. Inovasi yang dapat dikembangkan melalui literasi matematika yaitu, 1) pengembangan modal manusia dalam hal pengetahuan, keterampilan dan nilai yang terwujud dalam berpikir dan berperilaku matematis, 2) mengembangkan kompetensi matematika sekaligus membangun kesadaran budaya, 3) menggunakan matematika sebagai alat kepedulian dan pemikiran kritis untuk perubahan sosial, 4) menggunakan matematika sebagai alat dan bahasa untuk membangun kesadaran akan lingkungan, dan 5) mengembangkan matematika sebagai ilmu pengetahuan.


https://drive.google.com/file/d/1wsSnGIVG0I68Kg8Vd4uWo3aXu2UST1zD/view?usp=sharing 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEBIH LANJUT MENGENAI BUDAYA DAN ETNOMATEMATIKA