PENELUSURAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH
Nama : Fadhilah Nurmahdiyah
NIM : 18301244032
Kelas : Pendidikan Matematika C 2018
Mata Kuliah : Etnomatematika
Proyek B
Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah
LEMBAR KERJA MAHASISWA DARING
Tujuan |
: |
Mahasiswa mampu menggali dan mengidentifikasi kajian teori,
hasil-hasil penelitian dan pendekatan riset dalam etnomatematika dan
pembelajaran matematika |
Diskusi 1: Melakukan Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah
Berdiskusilah dalam kelompok yang sudah disepakati sebelumnya.
Selanjutnya, masing-masing mahasiswa menentukan 3–4 artikel jurnal ilmiah berbeda.
Bacalah tersebut dan lengkapilah tabel di bawah ini.
Artikel 1
Judul Artikel |
: |
ETHNOMATHEMATICS IN SASAKNESE ARCHITECTURE |
Nama Penulis |
: |
Sri Supiyati, Farida Hanum, Jailani |
Institusi Penulis |
: |
Universitas Negeri Yogyakarta |
Kata Kunci |
: |
Etnomatematika, Arsitektur, Masyarakat |
Nama Jurnal |
: |
Journal on Mathematics Education (JME) |
Volume, Nomor (Tahun) |
: |
Vol 10, No 1 (2019) |
Nomor Halaman |
: |
44-58 |
DOI |
: |
|
Sitasi/Citation Artikel (Format APA) |
: |
Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019).
Ethnomathematics in Sasaknese Architecture. Journal on Mathematics
Education, 10(1), 47-58. |
Artikel 2
Judul Artikel |
: |
ETNOMATEMATIKA PADA PETILASAN PRABU TAWANG ALUN DI ROWO
BAYU BANYUWANGI SEBAGAI LEMBAR KERJA SISWA |
Nama Penulis |
: |
Umi Salamah, Susanto, Lioni Anka Monalisa |
Institusi Penulis |
: |
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas
Jember |
Kata Kunci |
: |
Ethnomatematics, petilasan prabu tawang alun, Geometry |
Nama Jurnal |
: |
KADIKMA |
Volume, Nomor (Tahun) |
: |
Vol 10, No 3 (2019) |
Nomor Halaman |
: |
48-60 |
DOI |
: |
|
Sitasi/Citation Artikel (Format APA) |
: |
Salamah, U., Susanto, S., & Monalisa, L. (2020).
ETNOMATEMATIKA PADA PETILASAN PRABU TAWANG ALUN DI ROWO BAYU BANYUWANGI
SEBAGAI LEMBAR KERJA SISWA. KadikmA, 10(3), 48-60. |
Artikel 3
Judul Artikel |
: |
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN
VBA FOR MICROSOFT EXCEL TERHADAP RESILIENSI SISWA SMP |
Nama Penulis |
: |
Linda, Dewi Ratna Sari, Nelly Fitriani, Fuji Nurfauziah |
Institusi Penulis |
: |
IKIP Siliwangi |
Kata Kunci |
: |
Resiliensi, Etnomatematika, VBA for Microsoft Excel |
Nama Jurnal |
: |
JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) |
Volume, Nomor (Tahun) |
: |
Vol 2, No 5 (2019) |
Nomor Halaman |
: |
293-300 |
DOI |
: |
|
Sitasi/Citation Artikel (Format APA) |
: |
Linda. Sari, DR. Fitriani, N & Fauziah, P. (2019).
Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Berbantuan VBA terhadap
Resiliensi Siswa. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5),
293-300. |
Artikel 4
Judul Artikel |
: |
MATHCPOLLY (MATEMATHIC CULTURE MONOPOLLY):
MEDIAPEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA YANG TERINTEGRASISOSIALISASI SIKAP PRO
ENVERONMENT BERBASIS AUGMENTED REALITY |
Nama Penulis |
: |
Siti Ghoyatul Muna |
Institusi Penulis |
: |
Institut Agama Islam Negeri Kudus, Kudus, Indonesia |
Kata Kunci |
: |
Augmented Reality; Etnomatematika; Mathcpolly;
Pro-Environment |
Nama Jurnal |
: |
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) |
Volume, Nomor (Tahun) |
: |
Vol 2, No 2 (2019) |
Nomor Halaman |
: |
123-136 |
DOI |
: |
|
Sitasi/Citation Artikel (Format APA) |
: |
Ghoyatul Muna, S. (2019). Matchpolly ( Matemathic Culture
Monopolly ): Media Pembelajaran Etnomatematika yang Terintegrasi Sosialisasi
Sikap Environment Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Matematika
(Kudus), 2(2), 123-136. |
Diskusi 2: Mempelajari Bagian-bagian Artikel Jurnal Ilmiah
Untuk mengerjakan diskusi ini, bacalah artikel-artikel yang
telah dianalisis pada Diskusi 1 sebelumnya secara cermat dan jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.
Amatilah
artikel tersebut dengan cermat. Adakah bagian-bagian berikut pada artikel? Beri
tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
Bagian |
Artikel
1 |
Artikel
2 |
Artikel
3 |
Artikel
4 |
||||
Ada |
Tidak |
Ada |
Tidak |
Ada |
Tidak |
Ada |
Tidak |
|
Judul Penelitian |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Intisari/abstrak berbahasa Indonesia |
√ |
|
|
√ |
√ |
|
√ |
|
Abstract (intisari
berbahasa Inggris) |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Pendahuluan |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Kajian Pustaka/Landasan Teori |
√ |
|
|
√ |
|
√ |
|
√ |
Metode Penelitian |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Hasil dan Pembahasan |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Simpulan (Simpulan dan Saran) |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Daftar Pustaka |
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
Ucapan Terima Kasih |
√ |
|
|
√ |
√ |
|
|
√ |
Biografi Penulis |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
|
√ |
b.
Berdasarkan
informasi pada artikel, mengapa penelitian (pada artikel) tersebut perlu
dilakukan? Beri penjelasan secara ringkas!
Artikel 1 |
: |
Pembelajaran matematika di sekolah diharapkan dimulai
dengan mengaitkan matematika dengan objek atau pengalaman di kehidupan
sehari-hari. Penelitian ini difokuskan untuk menggali informasi mengenai
objek matematika yang ada di kehidupan, khususnya di suku sasak.
|
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Matematika memiliki beberapa cabang yaitu, geometri,
aljabar, aritmatika, dan analisis. Geometri mempelajari titik, garis, bidang,
dan benda-benda ruang. Etnomatematika merupakan suatu aktivitas masyarakat
yang di dalamnya terdapat konsep matematika. Salah satu bangunan bersejarah
yang terletak di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi adalah
petilasan Prabu Tawang Alun. Bangunan ini berbentuk seperti pura. Konsep
matematika pada bangunan petilasan Prabu Tawang Alun ini dapat dijadikan
sebagai bahan ajar di sekolah. Peneliti ingin mengetahui lebih lanjut
mengenai etnomatematika pada bangunan petilasan Prabu Tawang Alun dan
membuatnya menjadi Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikaitkan dengan bab
transformasi geometri. |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan mengalami
perkembangan terus-menerus, dibutuhkan proses pembelajaran terutama
pembelajaran matematika untuk meningkatkan pengetahuan generasi penerus
bangsa. Untuk mencapai prestasi dalam matematika tidaklah mudah, dibutuhkan
potensi individu berupa memiliki motivasi tinggi, daya juang, serta berjiwa
semangat dalam proses pembelajaran matematika, hal ini yang disebut dengan
Resiliensi matematis. Pada kenyataannya, kondisi resiliensi matematis siswa
SMP masih rendah, dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Salah
satunya adalah dengan pembelajaran berbasis etnomatematika berbantuan VBA
for Microsoft Excel. Selain itu juga, peneliti ingin melihat Resiliensi
siswa yang menggunakan media pembelajaran ini. |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang
ditakuti siswa karena pembelajarannya yang terlalu monoton. Perlu dicarikan
alternatif, salah satunya dengan menggunakan pembelajaran yang inovatif. Di
era revolusi industri saat ini, dalam dunia pendidikan dikembangkan model
pendidikan yang berbasis cyber atau komputer. Alternatif yang dapat digunakan
yaitu pembelajaran bernuansa etnomatematika yang dikemas dalam pembelajaran
probing-prompting. Mathpolly salah satu solusi tepat untuk pembelajaran
etnomatematika yang sekaligus mensosialisasikan sikap pro-environment. |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Pendahuluan.
c.
Berdasarkan
informasi pada artikel, adakah penelitian-penelitian sebelumnya yang berhubungan
dengan penelitian pada artikel tersebut? Bila ada, berikan salah satu
contohnya.
Artikel 1 |
: |
Fathurrahman, L. A. (2016). Membaca Arsitektur Sasak.
Mataram. Nusa Tenggara Barat: Penerbit Genius. |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
F. D. Rahmawati,
“Pengembahan Bahan Ajar
Berbasis Etnomatematika
Untuk Meningkatkan Prestasi dan
Motivasi Belajar Siswa
SMP,” jurnal pendidikan matematika, vol. 6, no. 6, pp. 69-76, 2017.
|
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna,
A. Y. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap
Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Viii Smp. In Jurnal Numeracy (Vol.
5). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP
Siliwangi. |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Marsigit, Rahayu Condromukti, Dafid Slamet Setiana,
Sylviyani Hardiarti, 2015, Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis
Etnomatematika, Universitas Negeri Yogyakarta. |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Daftar Pustaka.
d.
Berdasarkan
informasi pada artikel, berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
Artikel 1
1) |
Subjek/Sampel Penelitian |
2) |
Konten/Lingkup matematika yang diteliti |
|
|
|
SD/MI |
|
Bilangan dan operasinya |
|
|
SMP/MTs |
|
Aljabar |
|
|
SMA/MA |
√ |
Geometri |
|
|
Perguruan Tinggi |
√ |
Pengukuran |
|
|
Masyarakat Umum |
|
Analisis Data dan Probabilitas |
|
√ |
Lainnya: Pemangku adat dan budayawan-budayawan yang sudah memiliki
pengalaman dalam melakukan penelitian-penelitian tentang budaya masyarakat sasak.
|
|
Lainnya: …………………………………… |
Artikel 2
1) |
Subjek/Sampel Penelitian |
2) |
Konten/Lingkup matematika yang diteliti |
|
|
|
SD/MI |
|
Bilangan dan operasinya |
|
√ |
SMP/MTs |
|
Aljabar |
|
|
SMA/MA |
√ |
Geometri |
|
|
Perguruan Tinggi |
|
Pengukuran |
|
|
Masyarakat Umum |
|
Analisis Data dan Probabilitas |
|
√ |
Lainnya: 1 orang penjaga petilasan prabu Tawang Alun dan 3
orang ahli ukir bangunan; petilasan prabu Tawang Alun |
|
Lainnya: …………………………………… |
Artikel 3
1) |
Subjek/Sampel Penelitian |
2) |
Konten/Lingkup matematika yang diteliti |
|
|
|
SD/MI |
|
Bilangan dan operasinya |
|
√ |
SMP/MTs |
|
Aljabar |
|
|
SMA/MA |
√ |
Geometri |
|
|
Perguruan Tinggi |
|
Pengukuran |
|
|
Masyarakat Umum |
|
Analisis Data dan Probabilitas |
|
|
Lainnya: …………………………………… |
|
Lainnya: …………………………………… |
Artikel 4
1) |
Subjek/Sampel Penelitian |
2) |
Konten/Lingkup matematika yang diteliti |
|
|
√ |
SD/MI |
|
Bilangan dan operasinya |
|
|
SMP/MTs |
|
Aljabar |
|
|
SMA/MA |
√ |
Geometri |
|
√ |
Perguruan Tinggi |
|
Pengukuran |
|
√ |
Masyarakat Umum |
|
Analisis Data dan Probabilitas |
|
|
Lainnya: …………………………………… |
√ |
Lainnya: Aritmatika Sosial |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Abstrak, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, atau Simpulan.
e.
Berdasarkan
informasi pada artikel, berikan penjelasan secara singkat mengenai jenis
penelitian, metode penelitian, pendekatan penelitian, dan/atau prosedur
(langkah-langkah) penelitian tersebut dilakukan?
Artikel 1 |
: |
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan
model etnografi (antropologi kognitif). |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi digunakan untuk menggambarkan,
menjelaskan dan menganalisis konsep atau unsur geometri yang terdapat pada
bangunan petilasan prabu Tawang Alun. Motode pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi.
Langkah-langkah yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan yaitu 1)
Pendahuluan, dilakukan pemilihan daerah dan subjek penelitian, 2) Pembuatan
instrumen penelitian, pedoman observasi dan pedoman wawancara, 3) Validasi
draft instrumen, instrumen pedoman observasi dan wawancara akan divalidasi
oleh validator, 4) Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi,
dan triangulasi, 5) Analisis data, menyusun data sesuai dengan fikus kajian
masalah dan tujuan penelitian, 6) Pembuatan Lembar Kerja Siswa (LKS), 7)
Menyusun kesimpulan. |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif. |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Abstrak atau Metode Penelitian.
f.
Berdasarkan
informasi pada artikel, bagaimana cara peneliti melakukan (teknik) pengumpulan
data? Berikan penjelasan secara singkat.
Artikel 1 |
: |
Teknik pengambilan data menggunakan observasi dengan
partisipan dan dokumentasi. Analisis data tidak hanya murni dari peneliti
tetapi peneliti lebih menggali dari tokoh masyarakat setempat. Empat tahapan
yang digunakan peneliti dalam menganalisis data yaitu domain anarkis,
analisis taksonomi, analisis komponen, dan penentuan tema. |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu 1) Observasi,
mengamati secara keseluruhan bentuk-bentuk geometri bangunan petilasan prabu
Tawang Alun, 2) Wawancara, untuk memperoleh data yang lebih mendalam, serta
memperkuat hasil observasi, 3) Dokumentasi, dan 5) Triangulasi. |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket Resiliensi
matematika dan rubrik wawancara. |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Data kualitatif diperoleh melalui wawancara terbuka dengan
sharing pendapat kepada beberapa narasumber. |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Abstrak atau Metode Penelitian.
g.
Berdasarkan
informasi pada artikel, adakah keterbatasan atau kelemahan dari hasil
penelitian tersebut? Bila ada, berikan penjelasan secara singkat.
Artikel 1 |
: |
Tidak ada |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Tidak ada |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Tidak ada |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Tidak ada |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan & Penutup.
h.
Berdasarkan
informasi pada artikel, apakah luaran dari penelitian tersebut? Berikan
penjelasan secara singkat.
Artikel 1 |
: |
Deskripsi mengenai bentuk-bentuk bangunan di suku sasak
yang dikaitkan dengan etnomatematika, serta dijelaskan pula makna dari
bentuk-bentuk bangunan tersebut. Tidak hanya dari segi geometri saja, tetapi
dalam hal pengukuran juga suku sasak mempunyai cara tersendiri. |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Informasi mengenai terdapat etnomatematika pada bangunan petilasan
prabu Tawang Alun; Lembar Kerja Siswa (LKS) berisi ringkasan materi, soal
open ended, dan latihan soal mengenai materi transformasi geometri
untuk kelas IX semester genap. |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Tingkat Resiliensi siswa di salah satu SMP. Bentuk-bentuk
geometri pada benda 3D. |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Mathpolly, sebuah
inovasi permainan monopoli yang kontennya berkaitan dengan pembelajaran
etnomatematika matematika sederhana. Informasi mengenai kelebihan dari media Mathpolly
yang didapat dari study lapangan dan wawancara terbuka dengan beberapa
narasumber. |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada
bagian Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan & Penutup.
i.
Suatu
kutipan dapat ditandai dengan nama penulis yang dikutip beserta tahunnya, nomor
penunjuk catatan kaki, maupun nomor penunjuk referensi. Perhatikan contoh
berikut.
Menurut Budiardjo (2007), partai politik pertama-tama lahir
di negara-negara Eropa Barat.
Partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara Eropa
Barat (Budiardjo, 2007).
Keberadaan partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara
Eropa Barat1.
Keberadaan partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara
Eropa Barat [1]
Dari isi artikel (Pendahuluan sampai dengan Simpulan dan
Saran), bagian mana sajakah yang memuat kutipan?
Artikel 1 |
: |
Pendahuluan, Kajian Pustaka, Metode, Hasil dan Pembahasan |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
Pendahuluan; Hasil dan Pembahasan |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
Pendahuluan; Hasil dan Pembahasan |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
Pendahuluan; Metode; Hasil dan Pembahasan |
j.
Berdasarkan
informasi pada artikel, berapa banyak sumber informasi (buku/jurnal) yang
dipergunakan untuk menyusun artikel penelitian tersebut?
Artikel 1 |
: |
22 |
|
|
|
Artikel 2 |
: |
10 |
|
|
|
Artikel 3 |
: |
7 |
|
|
|
Artikel 4 |
: |
17 |
Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Daftar Pustaka.
https://drive.google.com/file/d/1OpFGVy2xDxMT5kwlEWfwadnjj5rAQ_MR/view?usp=sharing
Komentar
Posting Komentar