PENELUSURAN ARTIKEL JURNAL ILMIAH

Nama             : Fadhilah Nurmahdiyah

NIM               : 18301244032

Kelas              : Pendidikan Matematika C 2018

Mata Kuliah   : Etnomatematika


Proyek B

Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah

LEMBAR KERJA MAHASISWA DARING

Tujuan

:

Mahasiswa mampu menggali dan mengidentifikasi kajian teori, hasil-hasil penelitian dan pendekatan riset dalam etnomatematika dan pembelajaran matematika

 

Diskusi 1: Melakukan Penelusuran Artikel Jurnal Ilmiah

Berdiskusilah dalam kelompok yang sudah disepakati sebelumnya. Selanjutnya, masing-masing mahasiswa menentukan 3–4 artikel jurnal ilmiah berbeda. Bacalah tersebut dan lengkapilah tabel di bawah ini.

Artikel 1

Judul Artikel

:

ETHNOMATHEMATICS IN SASAKNESE ARCHITECTURE

Nama Penulis

:

Sri Supiyati, Farida Hanum, Jailani

Institusi Penulis

:

Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci

:

Etnomatematika, Arsitektur, Masyarakat

Nama Jurnal

:

Journal on Mathematics Education (JME)

Volume, Nomor (Tahun)

:

Vol 10, No 1 (2019)

Nomor Halaman

:

44-58

DOI

:

https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5383.47-58

Sitasi/Citation Artikel

(Format APA)

:

Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese Architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47-58.

Artikel 2

Judul Artikel

:

ETNOMATEMATIKA PADA PETILASAN PRABU TAWANG ALUN DI ROWO BAYU BANYUWANGI SEBAGAI LEMBAR KERJA SISWA

Nama Penulis

:

Umi Salamah, Susanto, Lioni Anka Monalisa

Institusi Penulis

:

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember

Kata Kunci

:

Ethnomatematics, petilasan prabu tawang alun, Geometry

Nama Jurnal

:

KADIKMA

Volume, Nomor (Tahun)

:

Vol 10, No 3 (2019)

Nomor Halaman

:

48-60

DOI

:

https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17430

Sitasi/Citation Artikel

(Format APA)

:

Salamah, U., Susanto, S., & Monalisa, L. (2020). ETNOMATEMATIKA PADA PETILASAN PRABU TAWANG ALUN DI ROWO BAYU BANYUWANGI SEBAGAI LEMBAR KERJA SISWA. KadikmA, 10(3), 48-60.

Artikel 3

Judul Artikel

:

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN VBA FOR MICROSOFT EXCEL TERHADAP RESILIENSI SISWA SMP

Nama Penulis

:

Linda, Dewi Ratna Sari, Nelly Fitriani, Fuji Nurfauziah

Institusi Penulis

:

IKIP Siliwangi

Kata Kunci

:

Resiliensi, Etnomatematika, VBA for Microsoft Excel

Nama Jurnal

:

JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)

Volume, Nomor (Tahun)

:

Vol 2, No 5 (2019)

Nomor Halaman

:

293-300

DOI

:

http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p293-300

Sitasi/Citation Artikel

(Format APA)

:

Linda. Sari, DR. Fitriani, N & Fauziah, P. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Berbantuan VBA terhadap Resiliensi Siswa. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 293-300.

Artikel 4

Judul Artikel

:

MATHCPOLLY (MATEMATHIC CULTURE MONOPOLLY): MEDIAPEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA YANG TERINTEGRASISOSIALISASI SIKAP PRO ENVERONMENT BERBASIS AUGMENTED REALITY

Nama Penulis

:

Siti Ghoyatul Muna

Institusi Penulis

:

Institut Agama Islam Negeri Kudus, Kudus, Indonesia

Kata Kunci

:

Augmented Reality; Etnomatematika; Mathcpolly; Pro-Environment

Nama Jurnal

:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)

Volume, Nomor (Tahun)

:

Vol 2, No 2 (2019)

Nomor Halaman

:

123-136

DOI

:

http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6359

Sitasi/Citation Artikel

(Format APA)

:

Ghoyatul Muna, S. (2019). Matchpolly ( Matemathic Culture Monopolly ): Media Pembelajaran Etnomatematika yang Terintegrasi Sosialisasi Sikap Environment Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 123-136.

 

Diskusi 2: Mempelajari Bagian-bagian Artikel Jurnal Ilmiah

Untuk mengerjakan diskusi ini, bacalah artikel-artikel yang telah dianalisis pada Diskusi 1 sebelumnya secara cermat dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

a.    Amatilah artikel tersebut dengan cermat. Adakah bagian-bagian berikut pada artikel? Beri tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

Bagian

Artikel 1

Artikel 2

Artikel 3

Artikel 4

Ada

Tidak

Ada

Tidak

Ada

Tidak

Ada

Tidak

Judul Penelitian

 

 

 

 

Intisari/abstrak berbahasa Indonesia

 

 

 

 

Abstract (intisari berbahasa Inggris)

 

 

 

 

Pendahuluan

 

 

 

 

Kajian Pustaka/Landasan Teori

 

 

 

 

Metode Penelitian

 

 

 

 

Hasil dan Pembahasan

 

 

 

 

Simpulan (Simpulan dan Saran)

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

 

 

 

Ucapan Terima Kasih

 

 

 

 

Biografi Penulis

 

 

 

 

 

b.    Berdasarkan informasi pada artikel, mengapa penelitian (pada artikel) tersebut perlu dilakukan? Beri penjelasan secara ringkas!

Artikel 1

:

Pembelajaran matematika di sekolah diharapkan dimulai dengan mengaitkan matematika dengan objek atau pengalaman di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini difokuskan untuk menggali informasi mengenai objek matematika yang ada di kehidupan, khususnya di suku sasak.

 




Artikel 2

:

Matematika memiliki beberapa cabang yaitu, geometri, aljabar, aritmatika, dan analisis. Geometri mempelajari titik, garis, bidang, dan benda-benda ruang. Etnomatematika merupakan suatu aktivitas masyarakat yang di dalamnya terdapat konsep matematika. Salah satu bangunan bersejarah yang terletak di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi adalah petilasan Prabu Tawang Alun. Bangunan ini berbentuk seperti pura. Konsep matematika pada bangunan petilasan Prabu Tawang Alun ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah. Peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai etnomatematika pada bangunan petilasan Prabu Tawang Alun dan membuatnya menjadi Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikaitkan dengan bab transformasi geometri.

 

 

 

Artikel 3

:

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan mengalami perkembangan terus-menerus, dibutuhkan proses pembelajaran terutama pembelajaran matematika untuk meningkatkan pengetahuan generasi penerus bangsa. Untuk mencapai prestasi dalam matematika tidaklah mudah, dibutuhkan potensi individu berupa memiliki motivasi tinggi, daya juang, serta berjiwa semangat dalam proses pembelajaran matematika, hal ini yang disebut dengan Resiliensi matematis. Pada kenyataannya, kondisi resiliensi matematis siswa SMP masih rendah, dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan pembelajaran berbasis etnomatematika berbantuan VBA for Microsoft Excel. Selain itu juga, peneliti ingin melihat Resiliensi siswa yang menggunakan media pembelajaran ini.

 

 

 

Artikel 4

:

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti siswa karena pembelajarannya yang terlalu monoton. Perlu dicarikan alternatif, salah satunya dengan menggunakan pembelajaran yang inovatif. Di era revolusi industri saat ini, dalam dunia pendidikan dikembangkan model pendidikan yang berbasis cyber atau komputer. Alternatif yang dapat digunakan yaitu pembelajaran bernuansa etnomatematika yang dikemas dalam pembelajaran probing-prompting. Mathpolly salah satu solusi tepat untuk pembelajaran etnomatematika yang sekaligus mensosialisasikan sikap pro-environment.

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Pendahuluan.

 

c.    Berdasarkan informasi pada artikel, adakah penelitian-penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian pada artikel tersebut? Bila ada, berikan salah satu contohnya.

Artikel 1

:

Fathurrahman, L. A. (2016). Membaca Arsitektur Sasak. Mataram. Nusa Tenggara Barat: Penerbit Genius.

 

 

 

Artikel 2

:

F.  D.  Rahmawati,  “Pengembahan  Bahan  Ajar  Berbasis  Etnomatematika Untuk  Meningkatkan Prestasi  dan  Motivasi  Belajar  Siswa  SMP,” jurnal pendidikan matematika, vol. 6, no. 6, pp. 69-76, 2017.

 

 

 

 

Artikel 3

:

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Viii Smp. In Jurnal Numeracy (Vol. 5). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi.

 

 

 

Artikel 4

:

Marsigit, Rahayu Condromukti, Dafid Slamet Setiana, Sylviyani Hardiarti, 2015, Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika, Universitas Negeri Yogyakarta.

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Daftar Pustaka.

 

d.    Berdasarkan informasi pada artikel, berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

Artikel 1

1)

Subjek/Sampel Penelitian

2)

Konten/Lingkup matematika yang diteliti

 

 

SD/MI

 

Bilangan dan operasinya

 

 

SMP/MTs

 

Aljabar

 

 

SMA/MA

Geometri

 

 

Perguruan Tinggi

Pengukuran

 

 

Masyarakat Umum

 

Analisis Data dan Probabilitas

 

Lainnya:

Pemangku adat dan budayawan-budayawan yang sudah memiliki pengalaman dalam melakukan penelitian-penelitian tentang budaya masyarakat sasak.

 

Lainnya:

……………………………………

Artikel 2

1)

Subjek/Sampel Penelitian

2)

Konten/Lingkup matematika yang diteliti

 

 

SD/MI

 

Bilangan dan operasinya

 

SMP/MTs

 

Aljabar

 

 

SMA/MA

Geometri

 

 

Perguruan Tinggi

 

Pengukuran

 

 

Masyarakat Umum

 

Analisis Data dan Probabilitas

 

Lainnya:

1 orang penjaga petilasan prabu Tawang Alun dan 3 orang ahli ukir bangunan; petilasan prabu Tawang Alun

 

Lainnya:

……………………………………

 

Artikel 3

1)

Subjek/Sampel Penelitian

2)

Konten/Lingkup matematika yang diteliti

 

 

SD/MI

 

Bilangan dan operasinya

 

SMP/MTs

 

Aljabar

 

 

SMA/MA

Geometri

 

 

Perguruan Tinggi

 

Pengukuran

 

 

Masyarakat Umum

 

Analisis Data dan Probabilitas

 

 

Lainnya:

……………………………………

 

Lainnya:

……………………………………

 

Artikel 4

1)

Subjek/Sampel Penelitian

2)

Konten/Lingkup matematika yang diteliti

 

SD/MI

 

Bilangan dan operasinya

 

 

SMP/MTs

 

Aljabar

 

 

SMA/MA

Geometri

 

Perguruan Tinggi

 

Pengukuran

 

Masyarakat Umum

 

Analisis Data dan Probabilitas

 

 

Lainnya:

……………………………………

Lainnya:

Aritmatika Sosial

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Abstrak, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, atau Simpulan.


e.    Berdasarkan informasi pada artikel, berikan penjelasan secara singkat mengenai jenis penelitian, metode penelitian, pendekatan penelitian, dan/atau prosedur (langkah-langkah) penelitian tersebut dilakukan?

Artikel 1

:

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model etnografi (antropologi kognitif).

 

 

 

 

 

 


Artikel 2

:

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menganalisis konsep atau unsur geometri yang terdapat pada bangunan petilasan prabu Tawang Alun. Motode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Langkah-langkah yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan yaitu 1) Pendahuluan, dilakukan pemilihan daerah dan subjek penelitian, 2) Pembuatan instrumen penelitian, pedoman observasi dan pedoman wawancara, 3) Validasi draft instrumen, instrumen pedoman observasi dan wawancara akan divalidasi oleh validator, 4) Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi, 5) Analisis data, menyusun data sesuai dengan fikus kajian masalah dan tujuan penelitian, 6) Pembuatan Lembar Kerja Siswa (LKS), 7) Menyusun kesimpulan.

 

 

 

Artikel 3

:

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.

 

 

 

Artikel 4

:

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Abstrak atau Metode Penelitian.


f.     Berdasarkan informasi pada artikel, bagaimana cara peneliti melakukan (teknik) pengumpulan data? Berikan penjelasan secara singkat.

Artikel 1

:

Teknik pengambilan data menggunakan observasi dengan partisipan dan dokumentasi. Analisis data tidak hanya murni dari peneliti tetapi peneliti lebih menggali dari tokoh masyarakat setempat. Empat tahapan yang digunakan peneliti dalam menganalisis data yaitu domain anarkis, analisis taksonomi, analisis komponen, dan penentuan tema.

 

 

 

Artikel 2

:

Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu 1) Observasi, mengamati secara keseluruhan bentuk-bentuk geometri bangunan petilasan prabu Tawang Alun, 2) Wawancara, untuk memperoleh data yang lebih mendalam, serta memperkuat hasil observasi, 3) Dokumentasi, dan 5) Triangulasi.

 

 

 

Artikel 3

:

Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket Resiliensi matematika dan rubrik wawancara.

 

 

 

Artikel 4

:

Data kualitatif diperoleh melalui wawancara terbuka dengan sharing pendapat kepada beberapa narasumber.

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Abstrak atau Metode Penelitian.


g.    Berdasarkan informasi pada artikel, adakah keterbatasan atau kelemahan dari hasil penelitian tersebut? Bila ada, berikan penjelasan secara singkat.

Artikel 1

:

Tidak ada

 

 

 

Artikel 2

:

Tidak ada

 

 

 

Artikel 3

:

Tidak ada

 

 

 

Artikel 4

:

Tidak ada

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan & Penutup.


h.    Berdasarkan informasi pada artikel, apakah luaran dari penelitian tersebut? Berikan penjelasan secara singkat.

Artikel 1

:

Deskripsi mengenai bentuk-bentuk bangunan di suku sasak yang dikaitkan dengan etnomatematika, serta dijelaskan pula makna dari bentuk-bentuk bangunan tersebut. Tidak hanya dari segi geometri saja, tetapi dalam hal pengukuran juga suku sasak mempunyai cara tersendiri.

 

 

 

Artikel 2

:

Informasi mengenai terdapat etnomatematika pada bangunan petilasan prabu Tawang Alun; Lembar Kerja Siswa (LKS) berisi ringkasan materi, soal open ended, dan latihan soal mengenai materi transformasi geometri untuk kelas IX semester genap.

 

 

 

Artikel 3

:

Tingkat Resiliensi siswa di salah satu SMP. Bentuk-bentuk geometri pada benda 3D.

 

 

 

Artikel 4

:

Mathpolly, sebuah inovasi permainan monopoli yang kontennya berkaitan dengan pembelajaran etnomatematika matematika sederhana. Informasi mengenai kelebihan dari media Mathpolly yang didapat dari study lapangan dan wawancara terbuka dengan beberapa narasumber.

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan & Penutup.


i.      Suatu kutipan dapat ditandai dengan nama penulis yang dikutip beserta tahunnya, nomor penunjuk catatan kaki, maupun nomor penunjuk referensi. Perhatikan contoh berikut.

Menurut Budiardjo (2007), partai politik pertama-tama lahir di negara-negara Eropa Barat.

Partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara Eropa Barat (Budiardjo, 2007).

Keberadaan partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara Eropa Barat1.

Keberadaan partai politik mula-mula dijumpai di negara-negara Eropa Barat [1]

Dari isi artikel (Pendahuluan sampai dengan Simpulan dan Saran), bagian mana sajakah yang memuat kutipan?

Artikel 1

:

Pendahuluan, Kajian Pustaka, Metode, Hasil dan Pembahasan

 

 

 

Artikel 2

:

Pendahuluan; Hasil dan Pembahasan

 

 

 

Artikel 3

:

Pendahuluan; Hasil dan Pembahasan

 

 

 

Artikel 4

:

Pendahuluan; Metode; Hasil dan Pembahasan

 

j.      Berdasarkan informasi pada artikel, berapa banyak sumber informasi (buku/jurnal) yang dipergunakan untuk menyusun artikel penelitian tersebut?

Artikel 1

:

22

 

 

 

Artikel 2

:

10

 

 

 

Artikel 3

:

7

 

 

 

Artikel 4

:

17

Informasi untuk menjawab pertanyaan ini dapat ditemukan pada bagian Daftar Pustaka.


https://drive.google.com/file/d/1OpFGVy2xDxMT5kwlEWfwadnjj5rAQ_MR/view?usp=sharing 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEBIH LANJUT MENGENAI BUDAYA DAN ETNOMATEMATIKA